Urgensi ICT Guru di Era Revolusi Industri 4.0

Urgensi ICT Guru di Era Revolusi Industri 4.0

Pada Sabtu (20/12) di gedung Aula Perpustakaan UNJ Lantai 1 PW PERGUNU DKI Jakarta menyelenggarakan acara workshop dengan mengusung tema menarik yakni “urgensi pengembangan media pembelajaran berbasis ICT di revolusi industri 4.0”. Dengan pembicara Dr. Siti Nurjanah, SE, M.Si (Koordinator Penjaminan Mutu UNJ) dan Hendrawan, S.Kom (Koordinator Pendidikan Komputer Lembaga Pendidikan Indonesia Amerika Cilandak Jakarta Selatan).

Menurut Dr. Siti Nurjannah, S.E, M.Si salah satu narasumber mengatakan bahwa Revolusi industri 4.0 memiliki potensi untuk meningkatkan tingkat pendapatan global, meningkatkan kualitas hidup bagi masyarakat dunia, dan meningkatkan efisiensi serta produktivitas.

“Topik mengenai revolusi industri 4.0 masih sangat relevan dijadikan pembahasan pada Workshop Persatuan Guru NU Provinsi DKI Jakarta dengan harapan dapat mempersiapkan sumber daya manusia terutama guru yang lebih mengedepankan kerja otak dan kreativitas khususnya di bidang digital agar mampu berkompetisi dengan menciptakan inovasi-inovasi baru yang kreatif”. Tuturnya.

Hendrawan, S.Kom menitikberatkan pada praktik membuat Media Pembelajaran berbasis ICT yakni mendesain Slide Powerpoint agar terlihat menarik dan siswa menjadi antusias dalam belajar.

Peserta dalam kegiatan ini adalah kader PERGUNU yang berada di Wilayah DKI Jakarta meliputi PC Jakarta Selatan, PC Jakarta Timur, PC Jakarta Barat, PC Jakarta Utara, Mahasiswa UNUSIA Jakarta, STAI Al Hikmah Jakarta, STAI Aqidah dan guru2 yang berada di wilayah DKI Jakarta.

Workshop ICT Guru dibuka oleh Bapak Dr. Muhammad Zid mewakili Rektor UNJ, dan beliau sangat mengapresiasi kegiatan Pergunu DKI Jakarta dan mendorong agar ada kegiatan rutin yang bisa disinergikan dengan UNJ.

Dan kegiatan Workshop ditutup oleh Ketua Pelaksana Kukuh Fany Fatkhuloh, dengan harapan bahwa kegiatan ini dapat menambah wawasan dan mendorong guru aktif dalam membuat konten-konten pembelajaran berbasis ICT.

“Dengan terselenggaranya kegiatan workshop ict guru ini diharapkan dapat menambah wawasan mengenai penggunaan teknologi masa kini dan dampak positif yang didapatkan beserta manfaatnya serta mendorong guru aktif dalam membuat konten-konten pembelajaran berbasis ICT agar lebih variatif, inovatif dan kreatif di mana guru adalah senter perubahan peradaban”. Tutupnya.

Kontributor: Siti Mubayanah

Editor: Kukuh Fany Fatkhuloh

Share this post