Pergunu DKI: Pentingnya LBH Keprofesian

Pergunu DKI: Pentingnya LBH Keprofesian

PERGUNUJAKARTA.ORG – Perhatian yang besar terhadap guru tidak hanya pada aspek kompetensi dan kesejahteraan saja, tetapi juga pada aspek perlindungan yakni bagaimana guru dapat menjalankan aktifitas mengajarnya dengan suasana yang aman dan nyaman.

Sekretaris Wilayah Pergunu DKI Jakarta Bapak Kukuh Fany Fatkhuloh mengatakan bahwa kegiatan rembug guru yg membahas persoalan perlindungan guru di era millenial pada (19/10) akan ditindak lanjuti salah satunya dengan membentuk lembaga bantuan hukum keprofesian.

“persoalan perlindungan guru dapat diselesaikan salah satunya dengan membentuk lembaga bantuan hukum keprofesian, ini penting agar guru dapat mengajar disertai rasa aman, nyaman, dan tidak takut melakukan hukuman fisik sebagai bentuk pendisiplinan” tuturnya.

Ibu Dr. Hj. Nurhidayah, M.Si pakar psikolog KPAI dalam rembug guru (19/10) menjelaskan bahwa perlindungan hukum diartikan sebagai upaya negara untuk menjamin kepastian hukum terhadap warga negaranya sesuai haknya.

“perlindungan hukum diartikan sebagai upaya negara untuk menjamin kepastian hukum terhadap warga negaranya sesuai haknya”. tutur bu hj. nurhidayah.

lebih lanjut pakar psikolog kpai tersebut mengatakan bahwa guru dalam menjalankan profesinya mendapatkan hak itu (perlindungan hukum), sebagaimana dijelaskan dalam UU RI NO.14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen pasal 39 mengenai perlindungan terhadap guru dlm pelaksanaan tugas yang meliputi perlindungan hukum, perlindungan profesi serta perlindungan keselamatan dan kesehatan kerja.

“guru dalam menjalankan profesinya mendapatkan hak itu (perlindungan hukum), sebagaimana dijelaskan dalam UU RI NO.14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen pasal 39 mengenai perlindungan terhadap guru dlm pelaksanaan tugas yang meliputi perlindungan hukum, perlindungan profesi serta perlindungan keselamatan dan kesehatan kerja” imbuhnya. (red)

Share this post